>/>Selamat Datang di Team KMI ( Komunitas Maksiplus Indonesia Suport www.maksiplus.web.id , Kami Siap Melayani pemesanan Maxigrow untuk Seluruh Nusantara, Bagi anda yang berminat menjadi Agen/Distributor Dapat menghubungi Team Marketing Maksiplus >>> Call Bp.Supriyanto WA 0813-8584-0626 Hp.0852-8427-8327 , Harga 200.000 BELUM termasuk onkos kirim Aplikasi Maxigrow Agar Budidaya Pohon Durian Montong Cepat Berbuah ~ WA/CALL 081385840626 Distributor MaKsiplus

081385840626

Aplikasi Maxigrow Agar Budidaya Pohon Durian Montong Cepat Berbuah

Aplikasi Maxigrow Agar Budidaya Pohon Durian Montong Cepat Berbuah

Siapa yang tidak kenal buah durian? Buah berduri yang memiliki cita rasa yang sangat lezat dan keberadaannya yang banyak di buru oleh semua orang. 

Yah buah durian memang sangat di gemari di kalangan masyarakat dan selalu menjadi buah primadona hingga sekarang ini. Perlu anda ketahui buah durian sangat banyak sekali jenis nya, dan salah satu yang menjadi primadona hingga saat ini adalah durian montong.

Durian montong memiliki bau yang sangat khas dan rasa yang begitu lezat di lidah sehingga membuat buah ini menjadi pilihan utama bagi para penggemar durian. Namun mengingat harga durian montong yang sangat mahal membuat sebagian orang ingin menanam atau membudidayakan pohon durian montong. Selain dapat memakan durian montong dengan gratis kita juga bisa menjadikan lahan uang yang sangat menjanjikan.


Budidaya Pohon Durian Montong Agar Cepat Berbuah


Pada kesempatan kali ini, kami selaku penulis akan mengajak anda bagaimana menanam pohon durian montong agar cepat berbuah secara lengkap. Seperti yang kita tahu durian adalah buah yang berasal dari daerah tropis, sehingga sangat cocok untuk kita budidaya dengan baik mengingat Negara kita adalah Negara Tropis. Apabila anda tidak mempunyai lahan yang cukup besar, tidak perlu khawatir sebab anda bisa menanam pohon durian montong ini di pekarangan rumah.

Nah untuk lebih jelasnya bagaimana tahapan tahapan dan proses dari cara budidaya pohon durian montong agar cepat berbuah, simah ulasan berikut ini secara lengkap.


Cara Budidaya Pohon Durian Montong Agar Cepat Berbuah


Syarat Tumbuh
Hal paling utama dalam menanam durian adalah menentukan lokasi yang baik agar buah yang berduri ini dapat tumbuh dengan baik. Sudah menjadi hal yang sangat wajar dan umum di bicarakan apabila ada yang membicarakan bahwa menanam itu suatu hal yang susah susah gampang. namun dengan adanya pengetahuan tentang tanaman dan mengetahui daerah yang akan di tanam memiliki tekstur tanah yang memadai maka durian akan tumbuh dengan baik.


Idealnya pohon durian dapat tumbuh dengan baik apabila di tanam pada daerah yang memiliki ketinggian mencapai 50 – 600 meter di atas permukaan laut. Namun durian ini dapat beradaptasi dengan baik, sehingga bisa tumbuh dan berkembang pada daerah dataran tinggi yang mencapai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dan di dataran rendah yang memiliki ketinggian mencapai 10 meter di atas permukaan laut.

Akan tetapi pohon durian montong dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada daerah yang memiliki ketinggian 400 – 600 meter diatas permukaan laut. Dan suhu berada pada angka 22 – 30 derajat celcius.
Selain memperhatikan ketinggian dan daerah yang cocok anda juga harus memperhatikan tipe tanah yang cocok untuk menanam durian. Dan tipe tanah yang bisa sangat bagus dan baik adalah media tanah lempung berpasir yang subur dan kaya akan kandungan bahan organic. Perlu anda ketahui, jenis tanah ini sanggup mengikat dan menyerap air serta tidak gampang tergenang oleh air apabila terjadi hujan.

Kemudian durian dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki kadar keasaman tanah atau PH mencapai angka 6 – 7. Dan dapat tumbuh serta berkembang secara baik pada daerah yang memiliki curah hujan mencapai 1500 – 2500 mm/tahun. pada musim pembungaan atau keluar bunga dan buah, durian membutuhkan musim kering selama kurang lebih 3 bulan. Untuk curah hujan mungkin tidak menjadi masalah bagi anda yang berada didaerah yang beriklim kering sebab curah hujan bisa anda ganti dengan cara menyiram tanaman durian setiap hari.

Memilih Bibit Yang Berkualitas Baik



Agar Budidaya pohon durian montong berjalan secara maksimal dan menghasilkan buah yang sangat lezat di lidah tentunya harus di awali dengan memilih bibit tanaman durian yang baik, sebab buah dari bibit yang berkualitas baik akan menghasilkan buah yang berkualitas baik pula.


Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas baik dan unggul, kami sarankan sebaiknya beli lah bibit di tempat pembibitan terpercaya di kota anda yang sudah memiliki sertifikat agar keaslian bibit nya sudah teruji dan dapat di pertanggung jawabkan. Umumnya bibit durian di jual dalam bentuk okulasi, dan bibit yang sudah siap tanam sudah memiliki ketinggian mencapai ½ sampai 1 ½ meter dan sudah memiliki akar yang kuat.

Proses Tanam
 
Selanjutnya untuk proses tanam pada pohon durian montong umumnya sama pada jenis durian lain, namun agar dapat berkembang lebih baik ada baiknya bibit yang baru saja dibeli jangan langsung di tanam pada media tanam, melainkan di rawat terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar bibit tidak gampang mati. Taruhlah bibit durian di pojok pekarangan rumah atau di pojok media lahan tanam yang rindang agar tanaman dapat menyesuaikan diri di lingkungan yang baru.


Perawatan pada bibit sebelum di tanam umum nya memakan waktu sekitar 2 minggu, selama waktu tersebut bibit durian montong harus di rawat dengan baik dengan memberikannya pupuk dan melakukan penyiraman rutin. Pupuk bisa menggunakan pupuk kandang dan dolomite secukupnya. Setelah di rawat dan dan di berikan pupuk bibit bisa anda tanam ke media lahan tanam yang lebih luas atau bisa juga di pekarangan rumah.

Kemudian proses tanam bibit pohon durian montong selanjutnya dengan membuat lubang di media lahan tanam dengan diameter mencapai 50 – 80 cm, dengan kedalam mencapai 80 cm. dan idealnya jarak antar lubang mencapai 10 meter/segi, setelah lubang telah di buat biarkan lubang tersebut selama 7 – 10 hari. tanah bekas pembuatan lubang (cangkulan) di beri pupuk kandang atau kompos sebanyak 40 – 80 kg/lubang dan kemudian di masukkan kembali kedalam lubang, setelah 7 hari tempat tanam sudah siap untuk di gunakan.
Setelah sudah memasuki masa tanam lubang yang tadinya di tutup kembali di lubangi dengan ukuran yang lebih kecil namun ukuran lubang lebih besar sedikit jika di banding dengan gumpalan tanah yang melekat pada akar bibit, pembungkus akar bibit dari keranjang bambu atau plastik polybag di buang dan kemudian masukkan bibit ke dalam lubang yang sudah di sediakan.

Proses Perawatan Tanaman
 
Pada tahap awal perawatan pohon durian montong harus benar benar di perhatikan, sebab pada tahap ini durian montong membutuhkan banyak air pada awal pertumbuhannya. Berikut beberapa proses pewatan tanaman pada durian montong


Penyiraman

Penyiraman di lakukan secara teratur setiap pagi dan sore hari apalagi kalau bibit durian montong di tanam pada saat musim kemarau, lakukan penyiraman hingga tanah terlihat lembab.

Penggamburan dan Penyiangan

Akibat penyiraman tersebu lahan tanam menjadi gambur, oleh sebab itu anda di haruskan melakukan penggamburan pada tanah setiap satu bulan sekali. kemudian penyiangan di lakukan apabia di sekitar area tanam terdapat rumput liar sehingga menggangu pertumbuhan pohon durian montong. Lakukan penyiangan dengan hati hati agar tidak merusak pohon durian.

Perempelan

Pada saat proses pertumbuhan dan pembentukan dahan lakukan perempelan pada dahan atau tunas liar yang tumbuh. Dahan yang kelewat panjang sebaiknya di buang atau di potong, hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas buah semakin baik. Ranting ranting yang tidak terkena sinar matahari langsung sebaiknya kita pangkas sebab dapat mengganggu proses pembungaan. Karena pembuahan terjadi dengan bantuan sinar matahari langsung.

Pemupukan

Agar durian montong dapat berkembang dengan baik dan cepat berbuah, anda harus memberikan pupuk pada tanaman. Diawal saat proses penyiraman dan penggemburan sudah mulai gunakan aplikasi maxigrow untuk disiram ditanah tanaman durian 3 hari sekali ( Takaran 2 Tutup Botol : 1,5 Liter Air ) 
lalu Berikan pupuk setelah 3 bulan di tanam dengan menggunakan pupuk buatan atau Pupuk NPK dengan dosis 15 : 15 : 15 sebanyak 200 Gram/pohon. Setelah itu pempukan rutin di lakukan setiap 4 bulan sekali sampai tanaman berumur 3 tahun dan siap untuk berbuah.

Proses Pembuahan
 
Jika sudah memasuki umur yang sudah di tentukan, pohon durian montong akan berbunga untuk yang pertama kalinya. Proses pembuahan akan berjalan lancar apabila serbuk sari dan kepala putik dalam keadaan subur. Agar buah yang dihasilkan dapat berbuah lebat dan maksimal maka kita perlu membantu proses penyerbukan buah durian. Selain dapat berbuah lebat cara ini juga dapat meminimalisir terjadinya gagal panen.


Penyerbukan berlangsung ketika tanaman berbunga lebat, mekarnya kuncup bunga bertanda bahwa kepala putik sudah masak dan sudah siap menerima serbuk sari untuk proses pembuahan. Jika sudah menunjukan tanda tersebut segera bantu proses penyerbukan buah durian montong.

Proses penyerbukan bisa menggunakan kuas halus dengan menyapukan secara perlahan pada bunga yang sudah mekar atau yang sudah menunjukan tanda seperti di atas. Penyerbukanya sendiri di lakukan saat malam hari, dengan cara ini akan banyak sekali putik bertemu dengan serbuk sari sehingga dapat membentuk buah.

Setelah buah berukuran atau berdiameter sekitar 5 cm perlu di lakukan penyeleksian. Penyeleksian di lakukan agar buah yang di hasilkan berkualitas dan memiliki rasa yang lezat. Penyeleksian nya sendiri bisa anda lakukan dengan cara menyisahkan buah buah berkualitas terbaik dengan jarak sekitar 30 cm. setelah buah tumbuh besar dan hampir masak, segera tali buah tersebut agar ketika jatuh dari pohon buah durian montong tidak dalam keadaan rusak.

Demikianlah tadi proses budidaya pohon durian montong yang bisa saya sampaikan, semoga informasi tersebut dapat membantu anda dalam menanam durian di pekarangan rumah ataupun dikebun. 

Apabila ada kesalahan dalam penulisan kami mohon maaf, simak terus kelanjutan artikel artikel terbaru saya. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca Aplikasi Maxigrow Agar Budidaya Pohon Durian Montong Cepat Berbuah


(RK Hutasoit)